Monday, May 28, 2012

SCRAPBOOK


Wikipedia bilang scrapbook itu adalah seni untuk melestarikan sejarah keluarga atau momen-momen pribadi kita dalam bentuk  kliping. Salah satu web juga yang bilang scrapbook itu seni untuk menciptakan kolase berbasis kertas yang berpusat di sekitar foto kenangan atau serangkaian foto. Jadi menurut gue scrapbook itu foto yang kenangan kita yang digabung dengan huruf2, tulisan, puisi, pita, dan benda2 lain menjadi seperti kolase yang biasanya di kliping seperti album.

Sebenarnya scrapbook sudah ada sejak dulu. Pada zaman Yunani kuno, para pelajar mencatat apa yang mereka dengar, mereka baca ke dalam lembaran papirus. Catatan itu disebut hypomnema. Sejarah scrapbook terus berlanjut sampai abad 15 hingga 18 di Eropa. Saat itu para ilmuwan, pelajar, seniman, mencatat berbagai puisi, kata mutiara, rumus matematika, hingga surat cinta. Buku petunjuk cara membuat scrapbook diterbitkan pada tahun 1825 dan 1826. Orang yang hobi membuat scrapbook disebut scrapbooker. Contohnya Thomas Jefferson, presiden AS ke 3. Lalu Mark Twain, seorang sastrawan terkenal.

Berikut ini ada gambar contoh scrapbook
  
     satu halaman scrapbook


 Album scrapbook


Sekarang ada juga yang namanya scrapbook digital, mungkin biar ga ribet ngumpulin barang barang untuk bikin scrapbook. Gue belom pernah  sih nyobainscrapbook digital ini, tapi kayanya lebih asyik bikin yang manual deh, karena gue kan suka menggunting  dan menempel wkwk XD

Contoh scrapbook digital


Pertama kali gue tau scrapbook dari tv, dan gue langsung tertarik pada pandangan pertama.. /eeaaa. Gue suka karena scrapbook itu lucu, gabungan foto sama benda-benda yang berkaitan sm foto tersebut. Campuran  foto, potongan huruf2 dari majalah, dan benda2 sprti pita, benang, kancing, dan juga puisi atau catetan tangan tersebut keliatan keren banget karena warna warni dan juga nimbul-nimbul(?) (3 dimensi maksud saya-_-).

Gue nyoba bikin pertama kali waktu bingung mau ngasih kado perpisahan kelas 8 apa. Gue mau ngasih kado biar bisa ngingetin persahabatan kita selama ini :’) dan akhirnya gue mau ngasih foto + frame, tapi kok garing banget ya kalo cuma ngasih frame yg isi nya foto temen2 sekelas -.-‘ akhirnya datang lah ide itu, gue gabungin beberapa foto, terus gunting2 huruf beda font dari majalah bekas, karena kalo huruf nya beda warna bentuk atau ukuran bakal keliatan lebih keren apalagi kalo dipasang nya agak berantakan. Kalo menurut lu ini agak alay pake font yg sejenis juga gapapa kok .-.v. Dan gue gabungin gambar2 binatang, benda dan segala macem yang entah masuk apa engga sama tema nya yg friendship (maklum baru pertama bikin). Dan gue bikin cuma selembar (karena kalo bikin sealbum lama dan mahal bunggg wk._.) Dan kado gue ini dibilang bagus loh! Hahah seneng banget deh {}

Dan, suatu hari waktu lagi nyari font handwriting (font kaya tulisan tangan, salah satu jenis font kesukaan gue >.<) gue menemukan kevinandamanda.com web  ini keren banget, mereka itu suami istri, istri nya scrapbooker (suaminya gatau deh scrapbooker juga atau engga._.v) website ini isinya ada foto mereka berdua, resep2, font handwriting & scrapbooking, daannn.. scrapbook bikinan dia, dari mulai suami istri itu 5 tahun, sd, smp, sma, pas pacaran, tunangan, nikahan, natal setiap tahun, thn pertama nikah, tahun, kedua, tahun ketiga, dan hari2 lainnya. Keren banget kan, setiap momen ada scrapbook  nya bukan cuma album foto biasa.


Terus di rumahnya dia juga ada ruangan khusus buat scrapbooking, isinya lengkap dari meja, printer, rak2 yg isinya kertas2 warna-warni, scrapbook paper, sticker, pernakpernik, pita, kancing, album yg nunggi buat diisi, majalah, mesin jahit,  dan banyak lagi.. lengkappp. aah bagus banget deh keren pokoknya. Mudah2an suatu hari nanti gue punya kaya gitu ya! Amin.
Dari pada penasaran buka aja web nya yaa :D

Pengen deh gue jadi scrapbooker, ngeabadiin foto dan kenangan, ngasih ke orang2 tersayang :’) Amin ya Allah u.u Tangan udah keriting nih, lain waktu gue akan sedikit menjelaskan bagaimana membuat scrapbook sendiri. Hahaa belum begitu bisa sih, tapi insyaAllah membantu buat ya mau bikin,. SEE YOU!!! XD

No comments:

Post a Comment