Friday, June 1, 2012

Kangen.


Yup, gue kangen. Kangen sama hal-hal yang dulu sering gue lakuin tapi sekarang udah jarang, bahkan ga pernah dilakuin lagi. Salah satunya, baca novel.


Waktu kelas 8 gue lagi seneng2 nya sama novel, sebulan 2 - 3 kali ke gramedia, selalu update novel apa yg udh keluar atau masih coming soon. Gue rela tas sekolah gue jadi lebih berat karena bawa 2 smp 3 novel sehari, entah untuk dibaca sendiri pas jam kosong, dipinjemin ke temen, ataupun novel temen yang gue pinjem. Kalo dlm sebulan ada beberapa novel yang keluar, gue beli 1 atau 2 novel, dan temen2 gue juga beli novel yg beda. kalo udh selesai baca, novel nya dikasih ke org lain deh. Pinjem-pinjeman. Simbiosis mutualisme. Jadi walaupun Cuma beli 1 atau 2 novel perbulan kita bisa baca banyak novel sekaligus XD. Soalnya kalo beli sendiri2 bisa bangkrut gue-_- satu novel yg bias ague beli kan harganya 30-50ribuan kalo beli 5 berapa hayo? Uang jajan gue bisa abis tuh….

Dan yang paling bikin seneng itu, pas gue dan temen2 ngobrolin novel yg udh dibaca dgn seru, di depan kelas, dijalan pulang, dikantin, dimana aja pokoknya. ‘aaah seru banget novel nya naa…’ ‘gue penegn jadi tokoh utama nya deh’ ‘tokoh utama cowonya keren deh, ganteng pinter tapi agak2 bandel gituuu..’ ‘kasian ya si tokoh, hidupnya perjuangan banget tuh’ ‘akhirnya so swit banget, happy ending.. ahhh pengen deh’ ‘kasian ya dia udah capek2 eh akhirnya gitu, nyesek banget.’ ‘njir… sedih banget pas temen si tokoh meninggal gue sampe nangis loh..’ dan blablabla lainnya. Ahhh gue seneng banget kalo ngebahas dengan seru novel yg udh kita baca, ga jarang kalo ceritanya nyesek dan sedih banget, kita baca smp nangis, simpati sama kehidupan si tokoh :’) wkwkkwk.


Novel yang gue sm temen2 baca itu biasa nya ‘roman remaja’. Gue paling suka novel romance terbitan gagasmedia, kebanyakan penulisnya emang penulis baru yang belum begitu terkenal sih, (gue yakin mereka bakal terkenal banget) tappiii.. novel nya mantep deh, cerita nya berkesan banget. dalem. bikin kita bener2 ngerasain apa yg dialami tokoh. genre nya emg roman remaja, tapi ceritanya bukan cuma cewek paling jelek di sekolah yang naksir ketua tim basket ganteng dan kaya yg terkenal  seantero jagat. ceritanya complicated banget, rumit, walaupun tokoh  nya anak2 sma atau pun kuliah, tapi ceritanya bikin kita tau dan ngerasain pahit manis kehidupan si tokoh, dengan akhir cerita yang ga pasti, ada yg happy ending tapi ga jarang sad ending. bikin ceritanya selalu berkesan dihati org yg udah baca. dan dari situ kita bisa sedikit belajar tentang kehidupan yang bakal kita hadapi nanti. seru deh pokoknya.

Bukan cuma ceritanya, tapi bahasanya.. gue suka banget bahasa nya yg puitis tapi mudah dimengerti. Kata2 dari para penulisnya enak banget dibaca, walaupun pake bahasa sehari2 dan ga baku, tapi tetep puitis, manis, dan enak dibaca. Banyak majas dan perumpamaan yg gampang dimengerti. Belom lagi ada lirik2 lagu, quotes, ataupun puisi, yang diselipin di tiap2 bab nya, baik itu bikinan si penulis atau bikinan tokoh2 terkenal. Jadi gue bisa belajar dari rangkaian kata2 itu, siapa tau udah gede bisa jadi penulis yg novel nya luar biasa kaya mereka2 itu………..
  
Beberapa novel punya gue :3


Oh iya, gue suka banget sama novel yang latar nya di Jepang. Gue emang suka sih sama jepang, sama suasana, teknologi, budaya, dan hal2 lainnya dari negara itu. Apalagi kalo latar suasana nya winter atau spring di Jepang, behhhh… gue ngebayangin jadi si tokoh, ada di tempat yg dia datengin; ngeliat bunga sakura dan ngerasain hanami; megang salju dan main ski; juga festival musim panas, kembang api, pake yukata; ngeliat daun2 ganti warna, berguguran dan ketiup angin; makan onogiri, okonomiyaki, takoyaki…. Belom lagi kata2 bahasa jepang yg nyelip di tengah novel, bikin suasananya bener2 kaya di Jepang….. Ahh sumpah gue pengen. pengen banget. Mudah2an suatu hari nanti gue bisa beneran ke jepang :’) entah krn beasiswa, jalan2, menang undian atau apa pun yang bikin gue bisa ke jepanggggg :’] AMIN. Habis itu gue nulis novel dengan latar jepang dan karya gue dibilang bagus sama orang2, ahh mimpi yg bener2 indah. Semoga jadi kenyataan :’D AMIN.

Gue belajar bahasa Jepang loh, dikit2 sih :’) awalnya karena ekskul mangakas club di sekolah, eh lama2 gue jadi seneng, dan gue mau sma yg mulok nya bahasa jepang (re: gue mau masuk smanitra). HaHa, tapi jujur mending mulok jepang deh drpd mandarin atau arab. Biarpun hurup nya keriting2 gitu dan setiap suku kata beda, tapi kalo udh dipelajari ga terlalu susah kok. Dan kalo sma mulok nya bhs jpng seenggaknya gue bisa dikit2 lah dibandingin sm bhs yg lain :B *pamer-_- Dan mudah2an aja yg gue pelajari ini bisa kepake suatu saat nanti dan gak sia-sia AMIN

Latar nya di Jepang, beberapa favorit gue :B


Lanjut ngomongin novel lagi, Yang pertama gue liat pas beli novel adalah covernya, padahal kan gaboleh tuh nilai sesuatu dari tampilannya. sama aja kaya nilai orang dengan fisiknya, belum tentu kan org yg muka nya bagus isi hati dan pikirannya sebagus mukanya? Tapi kalo novel sih biasanya, BIASANYA loh ya, jadi ga selalu. kalo covernya bagus, cerita di dalam nya juga bagus. Kalo udh tertarik sm cover gue baca judul dan sinopsis, kalo sinopsis sm judul nya menarik. Gue cari novel sejenis yg plastik nya udah kebuka, buka2 halaman nya dan ngeliat jenis font, kertas, dan baca2 kalimatnya dikit, takut kalo bahasa nya terlalu dewasa dan gue ga ngerti-_-. Terus liat harga kalo cocok sama isi dompet gue, bawa deh ke kasir :).


Struk pembelian yg masih gue simpen wkwk


Sekarang, dikelas 9 ini gue masih baca novel sih, cuma ga sesering dulu. Paling sebulan baca 1 atau 2 novel, itu juga beli sendiri.  Udah jarang update, apalagi pinjem2an. Pengen sih kaya dulu lagi, tapi kayanya susah banget :s kita udah punya urusan lain yang lebih penting. Karena gue sama temen2 tuh  beda kelas, jarang ketemu, minjem nya kapan, balikin kapan, bacanya juga gatau kapan-_- Apalagi pas smester 2, siap2. UN gue bener2 berhenti baca novel, walaupun udh beli tapi sma sekali gak mood baca, karena pikiran gue mikirin UN terusss-_- akhirnya novel nganggur dan lebih milih ngisi buku UN.

Sekian dulu ya kangen2an gue sama novel :’3. Thanks for reading :B Salam superr(?)

No comments:

Post a Comment